Senin, 21 Januari 2013

Dialog Interaktif di Tv

Dialog = percakapan 2 orang atau lebih
Dialog interaktif = percakapan 2 orang atau lebih yang membahas suatu topik

sistimatika dialog interaktif:
1. Nama Stasiun Tv
2. Waktu tayang
3. Topik (Masalah) yang dibahas
4. Moderator (penyiar / presenter)
5. Narasumber
6. Hal -hal penting
7. Pendapat Narasumber
8. Komentar terhadap narasumber

CONTOH DIALOG INTERAKTIF=
1. Nama stasiun tv = Metro tv, Public Corner
2. Waktu tayang = 17.30 - 18.00 WIB , 25 September 2012
3. Topik yang dibahas = Subsidi Listrik Tepat Sasaran
4. Moderator = Lydia Nanda
5. Narasumber =
-Rudi Rubiandini, Wakil Menteri ESDM
-Tulus Abadi, Ketua harian YLKI
6. Hal - hal penting =
-pelanggan subsidi listrik harus dijaga agar tidak melebihi dari BPP dan untuk yang rakyat kecil sementara tidak dinaikan dulu.
-menggunakan subsidi sebenarnya membuang waktu kalau tidak dielimnir secara berlahan karena melihat subsidi harus secara merata bukan semata - mata konsumen yang lebih diperhatikan tetapi yang kurang juga.
-pemerintah harus adil ketika efisiensi di sektor listrik itu harus dilakukan karena masih banyak pembangkit listrik menggunakan minyak.
-kebijakan publik kenaikan harga idealnya memegang 2 hal yaitu, kemampuan membayar, kemauan untuk membayar.
-matikan lampu jika tidak digunakan, biasakan meamtikan saklar jika ingin keluar ruangan, mencabut steker - steker yang menancap saat ingin keluar rumah, langkah ini digunakan untuk menghemat subsidi listrik.
7. Pendapat Narasumber =
- Rubi Rubiandini: penggunaan BBM cukup tinggi dan harga BBM mengikuti internasional price sehingga pemerintah mengusahakan agar penggunaan BBM turun atau bisa dikurangi. jadi tujuan pengurangan BBM sudah jalan meskipun belum semuanya. faktor BBM ini juga penyebab listrik naik karena kita mengejar daerah yang terpencil yang tidak ada atau kurangnya BBM sehingga mereka menggunakan listrik sebagai kebutuhan mereka. mereka mengejar daerah terpencil juga karena mungkin dapat membuka lahan pertanian, membelu tanah untuk keperluan mereka, dll
-Tulus Abadi: menggunakan subsidi sebenarnya membuang waktu kalau tidak dielimnir secara berlahan karena melihat subsidi haruslah merta bukan semata-mata konsumen yang lebih diperhatikan tetapi yang kurang juga.
8. Komentar =
Rubi Rubiandini, saya setuju dengan pendapat beliau karena jika pemerintah tidak mengusahakan penggunaan BBM dikurangi maka lama-lama sumber daya alam akan habis dan mungkin menurut saya negara akan bangkrut karena masyarakat menggunakan listrik berlebihan.
Tulus Abadi, saya setuju dengan pendapat beliau juga karena subsidi ini untuk semua rakyat dan bukan untuk konsumen yang lebih.

4 komentar:

  1. ehh ko tgl contoh teksnya 25 September 2012 sudah lama sekal tolong diupdet donk... ya kk

    BalasHapus
  2. Thanks Kak..
    Blog ini Memang berguna bagi siswa siswi :D

    BalasHapus